BLOG TENTANG ILMU SATPAM

TES WAWANCARA KOMANDAN REGU DANRU

TES WAWANCARA KOMANDAN REGU DANRU TES WAWANCARA KOMANDAN REGU DANRU

Friday, November 6, 2020

CARA MENANGANI KOMPLIN KLIEN SATPAM

Menangani Keluhan (Komplen) :

Atasi dan laporkan keluhan sesegera mungkin.

Prosedur :

  1. Meminta maaf kepada tamu atas ketidak nyamanan tsb.
  2. Tanyakan kepada tamu apa yang dikehendaki atau yang menjadi komplenannya.
  3. Mendengarkan komplain tanpa memotong pembicaraan.
  4. Tunjukan rasa empati, perhatian dan keinginan untuk membantu.
  5. Nyatakan bahwa semua keluhan atau masalahnnya akan segera ditangani:
  6. Mengatakan apa yang hendak dilakukan untuk menangani masalah
  7. Menyarankan alternatif pemecahannya
  8. Selesaikan sekarang (bila mungkin), jika tidak tentukan waktu penyelesaiannya.
  9. Catat keluhan tamu tsb dalam Buku Guest Complain Log Book.
  10. Segera informasikan masalah ini kepada pihak terkait (atasan) untuk memperoleh tindakan dan petunjuk selanjutnya.


LOBBY SERVICE SECURITY